RSS

Accessories on Pressure Vessel

27 Jun

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share tentang Pressure Vessel.. Pada tulisan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Support of Pressure Vessel. Sekarang saya akan mencoba menjelaskan tentang part yang ada di pressure vessel yang tidak bisa diabaikan keberadaannya. Part tersebut (atau lebih tepatnya disebut sebagai attachment accessories) pada umumnya dalam bentuk nozzle . Accessories tersebut antara lain manhole, PSV connection, level transmitter, access opening/access hole, vent hole, drain, inlet for another equipment, outlet to another equipment, etc.. Dari accessories tersebut terkadang ada yang masuk scope kerja nonmechanical dalam fase installation tergantung perjanjian di awal kontrak. Sebagai contoh, PSV connection, level transmitter, earthing lug, etc, part2 tersebut masuk dalam scope nya orang electrical.

Berikut akan saya coba paparkan accessories tersebut (yang saya tahu aja)..

– Manhole : berfungsi untuk access maintenence. Selalu dilengkapi dengan blind flange (penutup/pintu manhole) dan davit (pengait blind flange pada saat manhole dibuka)

– PSV connection (Pressure Switch Valve Connection) : alat ini berfungsi mengontrol pressure di dalam vessel agar tetap ideal. PSV connection terhubung dengan control valve.

Level Transmitter : alat ini berfungsi untuk mendeteksi ketingginan fluida pada vessel. Jenisnya ada Level Gage dan Level Switch Transmitter.

– vortex breaker : saya belum paham betul kalo yang ini, tpi sepenangkepan saya ini masuk jenis outlet bukan inlet seperti liquid outlet

– Drain : untuk pembuangan/pengurasan (biasanya satu saluran dengan vortex breaker )

 Segitu aja dlu yang bisa saya share .. kesempatan berikutnya mungkin saya akan coba berbagi lebih detail perihal soal nozzle ….

 

Tinggalkan Balasan

 
