RSS

Post Weld Heat Treatment

10 Jun

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog kesayangan ini. Setelah disibukan dengan skripsi, ndak lama lgsg disibukan dgn urusan kerjaan… Ok, lgsung aja..kali ini saya ingin share ke tman2 pemburu ilmu perihal mengenai Post Weld Heat Treatment atau biasa disingkat PWHT..

Post Weld Heat Treatment (PWHT) merupakan salah satu proses heat treatment yang tujuan utamanya untuk menghilangkan tegangan sisa pada hasil welding. Material (terutama carbon steel) akan mengalami perubahan struktur karena proses pemanasan dan pendinginan. Struktur yang tidak homogen inilah yang menyebabkan tegangan sisa pada material pasca pengelasan (welding). Dampak dari tegangan sisa ini material akan menjadi lebih keras akan tetapi ketangguhannya kecil. Ini tentu sifat yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu, material harus dikembalikan ke sifat semula dengan cara pemanasan dengan suhu dan tempo waktu (holding time) tertentu.

PWHT dilakukan pada material yang memiliki ketebalan spesifik dan grade material tertentu:
– CS dan LTCS untuk thickness diatas 20 mm
– Low Alloy Steel dengan kandungan Cr kurang dari 1/2%, dengan thickness diatas 20 mm
– Low Alloy Steel dengan kandungan Cr lebih dari 1/2%, dengan thickness diatas 13 mm

Ketentuan tersebut merujuk pada suatu standard code design & code construction yang berlaku internasional, seperti ASME B31.8 untuk piping Gas Transport, ASME Section VIII untuk pressure vessel dan ASME B 31.3 untuk pipa pada Piping Process.

Selain untuk menghilangkan tegangan sisa, PWHT juga dilakukan untuk mencegah SCC (Stress Corrosion Cracking) untuk beberapa corrosive environment seperti amine, sour service dan custic.

sekian dulu yang bisa saya share..mohon koreksinya ya, jika ada kesalahan atau saran dan masukannya.. Karena ini sebenarnya bukan scope work saya,,hanya saja saya tanya ama orng2 QC(Quality Control) di tmpat saya kerja.hehehe…semoga bisa bermanfaat..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 10, 2012 in Artikel Engineering

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: