RSS

Galvanizing Process

10 Jun

Galvanisasi merupakan proses pelapisan logam induk dengan logam lain (umumnya Zn) dengan tujuan agar logam induk mempunyai ketahanan korosi yang lebih baik. Galvanisasi umumnya menggunakan logam yang memiliki titik cair yang lebih rendah.

Proses Galvanisasi paling tidak ada 2 jenis:

– Pencelupan dalam Zn yang mendidih (disebut hot deep galvanizing)

– Elektolisa

Dari segi penampilan, dengan elektrolisa akan lebih rapi, tetapi biasanya daya proteksinya akan lebih pendek karena lapisannya lebih tipis dan kurang menyatu sempurna.

Sedangkan Hot Deep, permukaannya biasanya agak kurang rata, karena mengikuti dari profil celupan, juga biasanya akan ada sisa2 celupan yang memadat ketika diangkat.Dengan metoda ini proteksi akan jauh lebih baik, karena lapisan Zn lebih tebal, dan juga ketika dilakukan pencelupan, terjadi juga sedikit campuran antara besi dan Zn yang sama-sama meleleh, sehingga membentuk semacam campuran.

Betul proses perlindungan terjadi karena terkorbannya Zn, tetapi hal ini berbeda jauh dengan mekanisme sacrificing, karena ketika Proses oksidasi pada permukaan besi galvanis maka Zn akan berubah menjadi ZnO. ZnO akan membentuk lapisan sekaligus menutup besi, yang bisa dibayangkan seperti penutupan besi dengan cat, dan ini terjadi secara lebih merata di seluruh permukaan.

Periode Proteksi, yang lazim di rujuk adalah tahan selama 20 tahun  untuk hot deep galvanize tanpa perlu perawatan lain, dan kalaupun dilakukan pengecatan, ini lebih disebabkan karena alasan estetika saja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 10, 2012 in Artikel Engineering

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: