RSS

Hal Penting Bagi Seorang Rotating engineer

28 Apr

Pada tulisan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai scope work dari rotating engineering, yaitu menangani rotating equipment dan package equipment. Meski sering kali untuk soal pekerjaan kduanya digabung (rotating n package engineer) tapi untuk tulisan kali ini akan difokuskan untuk scope work rotating-nya sja.

Dalam menangani masalah engineering yang berkaitan dengan rotating equipment ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan, a.l:

1. Performance : terutama sekali pervormance curve (dalam konteks centrifugal pump/compressor itu dlm bntuk kurva H-Q) mencapai seperti yang diinginkan. Selain itu juga perlu diperhatikan juga fluida operasinya.

2. Efisiensi : tentu yang akan dipilih adalah equipment dgn efisiensi tinggi dgn maksud agar memberikan kebutuhan driver yang rendah.

3. Driver (penggerak) : apakah dlm bntuk motor atau steam/gas turbine. motor yang digunakan bisa motor sinkron untuk yang besar2 atau motor induksi. Perlu juga diperhatikan jenis koneksi (coupling) antara driver dan driven, trmasuk juga apakah dya menggunakan gear system atau direct drive. Hal2 tersebut perlu diperhatikan karena kaitannya dengan maintenance nantinya

4.Kesesuaian dengan Int standard: Jika project yang digarap kaitannya dengan Oil & Gas, tentunya harus merujuk pada API 610 (for pump), API 618 (for reciprocating comp), API 616 (untuk gas turbine), dsb.

5.Delivery: Hampir semua rotating equipment adalah long-lead item yang mana deliverynya bsa mncapai 18-24 bulan..Oleh krn itu, untuk project yang berdurasi terbatas, begitu start harus sgra mungkin PO (Purchase Order)..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2012 in Artikel Engineering, EPC

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: