RSS

Pekerjaan Seorang Rotating Engineering

28 Apr

Seorang Rotating Engineering memiliki sequence of job description sbb:

1. Orientasi scope kerja: perlu dipahami sebatas apakah project yang dilakukan (apakah E atau EPC), seberapa besar anggaran dan sistem reporting ke client.

2. Memahami Preliminary Equipment List dan Plot Plan: dari informasi ini tentu dapat tergambarkan mengenai estimasi kapasitas aquipment, tenaga penggerak dan lokasi dari masing2 equipment.

3. Membuat equipment datasheet: ini dilakukan dengan merujuk ke process datasheet dan dokumen lainnya seperti basis of design , basic engineering design data, dan juga spesifikasi peralatan

4. Membuat dokumen pembelian: dokumen tersebut dlm bntuk dokumen yang menyatakan tujuan pembelian dan permintaan khusus tentang equipment yang akan dibeli lengkap dengan lampiran datasheet terkait.

5. Evaluasi teknikal (Technical Bid Analysis): stlh para supplier menawarkan equipment utk dibeli, rotating engineer melakukan review dan perbandingan satu sama lain. Review tsb biasanya meliputi: kesesuaian dgn permintaan, delivery time, deviasi thd standard, metode pemasangan, dsb. Setelah dilakukan review, yang terbaik biasanya akan dilakukan (negosiasi harga).

6. Vendor Print Check/Post Purchase Evaluation: melakukan pemeriksaan thd dokumen vendor dari equipment yang dibeli. Jika memang dokumen sesuai akan di follow up dengan persetujuan atas data tersebut yang akan dilanjutkan smpai tahap konstruksi.

7. Performance Test Evaluation: dimana akan dilakukan pengetesan dari equipment yang dibeli dan memastikan untuk siap dikirim ke lokasi project (dalam tahapan ini, jika memang lokasi pabrik di luar negeri, maka seorang rotating engineer akan ke sana juga..hehehe….)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2012 in EPC

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: