RSS

Tahap Seleksi Interview PT. Pertamina (Persero) : Tak Cukup Hanya Pintar!!

14 Jun

Selesai sudah pelaksanaan tes wawancara PT. Pertamina (Persero) yang dilangsungkan selama dua hari bertempat di Graha Karir ECC UGM.

Ditemui selepas tes Tri Waluyo, Section Head People Development PT. Pertamina (Persero), mengungkapkan jika dirinya merasa puas dengan hasil pelaksanaan tes secara umum. “Kanddidat yang datang kepada kami merupakan anak-anak muda yang pintar. Tetapi yang kami butuhkan tak hanya pintar secara intelektual namun juga kepada sikap dan perilaku,” jelas Tri Waluyo.
Menurutnya ada tiga poin penting yang menyebabkan gagalnya para peserta tes, pertama kurangnya rasa percaya diri, inisiatif, serta integritas. Tri Waluyo dalam hal ini menggarisbawahi poin integritas yang menjadi poin terpenting. “Integritas seorang kandidat menjadi poin penting. Prinsipnya daripada di PHK ditengah jalan lebih baik kami hentikan dari sini, sejak dini di seleksi rekrutmen!” jelasnya.
Berdasarkan data yang dicatat oleh PT. Pertamina (Persero) dari 53 orang peserta yang diundang 3 diantaranya tidak dapat hadir. Sementara itu prosentase lolos seleksi interviu mencapai angka 60%. Setelah dinyatakan lolos tahap interviu maka tahap selanjutnya adalah tes kesehatan yang telah diagendakan pada hari berikutnya.
Sekitar satu bulan peserta tes kesehatan bisa mulai berharap cemas karena hasil tes akan langsung disampaikan pihak PT. Pertamina (Persero) melalui email. Beberapa masalah kesehatan mungkin saja dialami para kandidat mengingat gaya hidup anak muda yang semakin tidak sehat. “Katakanlah begadang sampai malam dan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat,” ungkap Tri Waluyo mendefinisikan gaya hidup saat ini. Namun tentunya Tri Waluyo berharap jika seluruh peserta tes dalam kondisi yang fit dan dapat lolos seleksi kesehatan.
Setelah melalui seleksi kesehatan peserta akan menjalani pendidikan yang dibagi dalam dua tahap, yakni class room selama tiga bulan di Pertamina Learning Center Jakarta dan training selama 9 bulan dengan kemungkinan penempatan di seluruh wilayah Indonesia. “Jika lolos tahap ini maka selanjutnya adalah proses yudisium ata secara sederhana diartikan dengan penyerahan surat pengangkatan menjadi pegawai tetap oleh Direktur Pertamina,”
Tahun ini kuota PT. Pertamina untuk lulusan D3 sendiri mencapai angka 150 orang untuk memenuhi kebutuhan karyawan di tahun 2012. “Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di Pertamina kami terbiasa melakukan rekrutmen secara bertahap dan bukan rekrutmen terbuka secara besar-besaran,” ungkapnya.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: