RSS

Kiat Menembus Seleksi PT. Pertamina Persero

06 Jun

Nuansa kompetisi semakin kental terasa pada tahapan tes kedua jalur Bimbingan Profesi Sarjana (BPS) PT. Pertamina Persero yaitu Interview User dan Human Resource (HR).

Sebanyak 62 orang peserta mengeksplorasi diri di hadapan pewawancara dari PT. Pertamina (Persero) pada Kamis, 26 Mei 2011 di Grha Karir ECC Universitas Gadjah Mada. Dijumpai di sela-sela tes, Bapak Wahyu Dodi Tri. M Recrutmen Officer PT. Pertamina membagi kiat-kiat sukses untuk menembus seleksi PT. Pertamina Persero.

Interview User dan Human Resource (HR) adalah tahapan kedua dari keseluruhan proses seleksi PT. Pertamina Persero yang meliputi psikotest, interview user, medical check up, dan terakhir interview top management (direksi). 62 peserta yang dipanggil tes interview user dan HR adalah mereka yang berhasil menyisihkan ratusan pelamar BPS PT. Pertamina Persero lainnya yang mengikuti seleksi psikotest. Psikotest PT. Pertamina Persero yang digelar awal Mei lalu di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada diikuti oleh sekitar 650 orang peserta yang dibagi atas 2 batch.

Memasuki tahapan Interview User dan Human Resource (HR), Wahyu Dodi menandaskan bahwa persaingan semakin ketat dan mereka yang lolos adalah pribadi yang benar-benar terpilih. Pada Interview User dan Human Resource (HR) masing-masing peserta diberi kesempatan sekitar 45 menit untuk “menjual diri” dan menunjukkan kompetensi di hadapan seorang User dan seorang staf Human Resource (HR) PT. Pertamina Persero. Berikut beberapa kunci sukses menghadapi rangkaian tes PT. Pertamina Persero dari Bapak Wahyu Dodi :

1.Pahami budaya perusahaan PT. Pertamina Persero. Sebagai perusahaan minyak dan gas (migas) terbesar nasional PT. Pertamina Persero menganut Core Competencies : Building Trust, Initiative Action, Customer Focus, dan Work  Standard.

2.Pola hidup sehat sedari dini. Bagi PT. Pertamina Persero yang menerapkan konsep long “life employment”, sekali bergabung sebagai karyawan PT Pertamina maka itu berlaku untuk masa kerja hingga 56 tahun ke depan.  Tak hanya itu PT. Pertamina Persero juga meng-cover jaminan kesehatan sejak awal hingga akhir masa kerja. Oleh karena konsep total health insurance tersebut, Wahyu menyebut prosentase kegagalan tes terbesar calon karyawan PT Pertamina ada pada tahapan Tes Kesehatan yang mencapai angka kegagalan 50%. “Oleh karena itu sedari muda harus menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat dan makanan yang berimbang, kan sangat disayangkan kandidat muda yang potensial harus gagal karena penyakit kolesterol, darah tinggi, dll karena pola hidup tidak sehat selama kuliah”, tandas Wahyu.

3.Berbahasa Inggris aktif dan pasif. Baik itu untuk pelamar posisi BPS Keuangan, Legal, Aset dan Management, Gas, ataupun Pengolahan, berkomunikasi dalam Bahasa Inggris adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh kandidat. Perlu diperhatikan bahwa mulai dari tahapan Interview User dan Human Resource (HR), Anda diharapkan mampu berbicara dan menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris.

4.Pengalaman organisasi yang positif. Wahyu Dodi mengakui adanya prioritas pada para “aktivis”. Kandidat yang banyak berpartisipasi dalam organisasi pada masa kuliahnya dinilai lebih percaya diri dan berani dalam tes interview. Sehingga pewawancara bisa melihat bagaimana kira-kira kinerjanya di masa mendatang dan bagaimana caranya mengatasi konflik, bersosialisasi, serta personal knowledge dan leadership.

Demikianlah Bapak Wahyu Dodi menyatakan harapannya yang besar agar para qualified fresh graduate khususnya dari reputable university dapat bergabung dengan PT. Pertamina Persero. Selain jaminan kesehatan diri dan benefit yang besar,  PT. Pertamina Persero juga membuka peluang untuk melanjutkan studi baik di dalam dan di luar negeri setelah 5 tahun mengabdi di Pertamina. Nah tunggu apa lagi! Jika Anda memang tertarik berkembang bersama PT. Pertamina Persero maka tips-tips di atas patut dicoba. Selamat berusaha!

Sumber : http://www.ecc.ft.ugm.ac.id

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: