RSS

Tentang Wanita dan Suaminya

15 Mei

Bicara soa CINTA memang tidak akan pernah ada habisnya, karena memang CINTA itu aneh. Saya sendiri sebagai Engineer tentunya sangat tidak berpengalaman di bidang ini. Melalui ini saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan yang saya dapat dari sebuah buku. Mari kita telaah bersama tentang CINTA itu sebenarnya. Banyak pelajaran yang telah disampaikan agama Islam tentang ini. Diantaranya mengenai kedudukan Wanita dan Lelaki dalam rumah tangga, peran yang harus dipahami betul, serta hak dan kewajibanya yang harus diperhatikan.

Bicara soal kedudukan dan peran dua sedjoli ini, Allah sendiri menyamakan lelaki dengan wanita dalam hak dan kewajiban, meskipun lelaki diunggulkan satu tingkatan dari wanita, karena ia bertugas memberi nafkah kepada wanita. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah berikut:

” Dan para wanita mempunyai hak dan kewajiban menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan dari pada istrinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Baqarah : 228)

Penyebutan keunggulan lelaki di dalam ayat tersebut bukan untuk memamerkan kelebihan kaum Adam, akan tetapi untuk menyadarkan kedua sedjoli tentang hak dan kewajibanya masing-masing, dan sekaligus menyadarkan wanita bahwa ia harus menghormati suaminya (selama masih dalam batasan kebenaran menurut syariat Islam), dan menyadarkan lelaki bahwa ia harus menyayang istrinya dengan sepenuh hati dan rasa tanggung jawab.

Termasuk juga, seorang suami yang diberi kelebihan akal, kekuatan jasmani dan kelebihan lainya. Harusnya seorang suami menggunakan kelebihan itu untuk menyayangi, melindungi serta mengayomi istrinya. Yang mana di sini, jika seorang istri memiliki kelemahan dan kesalahan, maka sebagai seorang suami yang bijaksana tidak harus memberi hukuman melainkan harus memberi pengertian dengan landasan kasih sayang agar permasalahannya menjadi lurus bukan malah semakin tambah parah. Perlu diingat bahwa wanita adalah kaum lemah. Lemah fisik maupun hatinya. Tugas kita sebagai lelaki pelindungya harus menguatkan serta menopangnya.

Abu Hurairah ra menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda :

” Bersikaplah baik kepada kaum wanita, sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Adapun tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika kau bersikap keras kepadanya, maka berarti engkau telah mematahkannya. Tetapi jika engkau membiarkannya, maka ia akan makin bengkok. Karena itulah bersikap baik kepada kaum wanita.” (HR. Bukhari, 6/273-274, Muslim, 3/1091)

Perlu saya tekankan lagi bahwa kelebihan yang dimiliki suami bukan digunakan untuk membebani istri sesuai dengan kewajibannya terhadap suami, sebaliknya, ia banyak memaafkan, karea ia menyadari setiap wanita mempunyai kelemahan yang harus dimaafkan oleh seorang suami. Dari firman Allah di atas sekilas menjelaskan bahwa seorang wanita berada di bawah lelaki. Meskipun pemberitahuan ini memang benar, tetapi firman Allah di atas mengandung sindiran bahwa kelebihan seorang lelaki tidak boleh digunakan untuk berbuat sewenang-wenang terhadap istrinya. Tetapi ia harus mengangkatnya, menopngnya, menuntunnya, mengayomi, serta meluruskan jika ia bersalah. Luruskan ia dengan nasehat yang baik dan tutur kata yang lembut, karena ia merupakan makhluk lemah. Jangan gunakan kata-kata kasar dalam menasehatinya. Jangan pernah putus asa dalam menasehatinya, karena mungkin bisa jadi tidak cukup sekali-dua kali dalam menasehatinya. Dalam menasehati, terkadang kita juga harus memberikan contoh tindakan real nya. Tetaplah semangat, jangan putus asa, karena sungguh bahagianya jika kelak kita menikmati surga-Nya bersama istri kita. Niatkan semua untuk ibadah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 15, 2011 in Agama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: