RSS

Tentang Komposisi MC dan Aquades

05 Mei

Pada pembuatan adonan untuk nantinya dicetak jadi spesimen uji pertam2 kita siapkan Destilled Water(Aquades) kemudian tuangkan Metil Cellulose ke dalam Aquades tersebut sambil di aduk… Percobaan yang saya lakukan (coba-coba) itu menggunakan Destilled Water 20 ml dan variasi MC 0,5 gr ; 1 gr ; 1,5 gr….Penjelasan dari ketiga komposisi tersebut yaitu:

  • Untuk MC 1,5 gr : campuran yang terjadi terlalu kental. Bahkan setelah didiamkan sekitar 1 jam, campuran benar-benar menjadi seperti gel, dimana ketika wadah dibalik, campuran tidak akan tumpah melainkan tetap melekat pada dasar wadah .
  • Untuk MC 1 gr : terbentuk buih pada campuran yang terjadi dan buih2 trsbut memisah di atas cairan. Jadi disini membentuk dua lapisan yang berbeda. Pertama merupakan lapisan air (terletak di bawah), kemudian lapisan berupa buih/ busa terletak di atas lapisan air tersebut.
  • Untuk MC 0,5 gr : Komposisi ini dinilai yang paling baik. Karena Buih yang terbentuk terikat di dalam cairannya. Di sini tidak terbentuk dua lapisan seperti pada komposisi sebelumnya, melainkan menjadi satu lapisan dimana buih terperangkap di antara bagian yang cair.

Untuk waktu yang diperlukan untuk sampai terbentuk buih sepengamatan saya, untuk komposisi aquades 60 ml dan MC 1,5 gr membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk terbentuk buih dan campuran yang sempurna. Dalam hal ini MC dituangkan sedikit demi sedikit ke dalam wadah yang sudah berisi aquades.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 5, 2011 in Bio Material, Material

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: